GADAI SERTIFIKAT RUMAH DI PEGADAIAN

GADAI SERTIFIKAT RUMAH DI PEGADAIAN

 

Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian dapat menjadi salah satu solusi dana pinjaman anda. Mengajukan pinjaman dana di pegadaian dapat menjadi manfaat untuk segala kebutuhan baik untuk modal usaha, renovasi rumah dan lain sebagainya. Jaminan yang dapat proses berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang bergerak pada sektor jasa keuangan. Fungsi pegadaian sangat menguntungkan bagi masyarakat yang memerlukan pinjaman dana untuk kebutuhan mendesak. Mengajukan pinjaman dana di pegadaian sudah pasti aman karena perusahaan tersebut milik negara dan sudah terjamin legalitasnya.

Saat ini terkadang kebutuhan hidup datang tidak terduga untuk sebagian masyrakat yang memiliki tabungan cukup tentu tidak perlu bingung mencari dana tambahan. Namun untuk anda yang sedang mencari dana pinjaman dengan jumlah besar dan dalam waktu cepat tentu pinjaman jaminan sertifikat rumah dapat menjadi solusi untuk anda.

Proses gadai sertifikat rumah di pegadaian cukup mudah dan cepat. Hal yang terpenting melengkapi semua persyaratan dokumen pengajuan kredit yang menjadi syarat pengajuan pinjaman anda. Untuk dokumen persyaratan tidak jauh berbeda dengan pengajuan di tempat lain yang menjadi syarat yaitu dokumen pribadi, dokumen keuangan dan dokumen kepemilikan rumah.

Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Tips Agar Pinjaman Anda Di Approved

Mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah dapat mengajukan di Bank, Lembaga Pembiayaan, Bank Perkreditan Rakyat, Koperasi dan Pegadaian. Masing – masing tempat gadai tersebut memiliki keunggulan dan kebijakan masing – masing.

Hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin mengajukan pinjaman sertifikat rumah yaitu SLIK BI Checking. Apabila Bi Checking anda memiliki kendala sebaiknya ajukan di lembaga non bi checking seperti koperasi atau bank perkreditan rakyat yang memiliki kebijakan lebih longgar masalah bi checking.

Anda tidak perlu khawatir mencari kemana – mana karena kami bermitra dengan beberapa bank perkreditan rakyat yang telah terdaftar dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut kami akan memberikan beberapa tips agar pengajuan pinjaman anda di approved :

  • Jangan mengajukan pinjaman mendekati harga nilai jual rumah karena sistem pinjaman multiguna berbeda dengan pinjaman jual beli KPR yang mendekati harga jual rumah. Beberapa bank mempunyai kebijakan Loan To Value berbeda – beda mulai dari 50 – 70% dari nilai jual rumah. Namun perlu anda perhatikan juga besaran pendapatan per bulan yang di dapat karena mempengaruhi besar kecilnya nilai pinjaman.
  • Besaran angsuran disesuaikan dengan gaji atau penghasilan yang di dapat tiap bulannya. Pihak Bank atau finance akan menilai dan menganalisa kemampuan bayar per bulan anda biasanya jumlah angsuran tidak lebih dari 30% dari jumlah pendapatan anda. Namun perlu memperhatikan juga pinjaman anda di tempat lain yang masih atau sedang berjalan.
  • Jujurlah mengenai tujuan pinjaman tersebut dan berikan informasi dengan sebenar – benarnya karena kejujuran menjadi pertimbangan penilaian pengajuan pinjaman anda.

 

Ketentuan Dalam Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Mengajukan pinjaman dengan jaminan jaminan sertifikat rumah dapat menjadi langkah tepat dalam mendapatkan pinjaman besar. Kebutuhan akan hidup terkadang memang memaksa orang untuk melakukan pinjaman demi memenuhinya. Akan tetapi alangkah baiknya mengajukan pinjaman dipikirkan secara matang jika memang sudah terdesak.

Dengan mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah maka akan ada pengeluaran tambahan cicilan per bulan yang dikeluarkan untuk pembayaran angsuran. Pastikan anda memilih nominal pembayaran angsuran sesuai dengan kesanggupan bayar per bulan anda.

Sebelum anda mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah ada baiknya mengetahui beberapa ketentuan dalam pengajuan pinjaman tersebut. Kami akan membahas beberapa ketentuan dalam pinjaman jaminan sertifikat rumah, antara lain :

1. Nama Di Sertifikat Rumah

Sebagai pemohon pengajuan pinjaman jaminan sertifikat akan lebih mudah prosesnya pemohon diatas nama sertifikat tersebut. Untuk sertifikat rumah atas nama pasangan pemohon bisa saja antara suami istri yang sah dan pasangan wajib mengetahui pinjaman dan bersedia tanda tangan di kantor lembaga keuangan.

Jika sertifikat atas nama orangtua maka pemohon cukup salah satu anak kandungnya saja dan ketika pinjaman tersebut  disetujui maka kedua orangtua wajib hadir tanda tangan di kantor. Gadai Sertifikat Rumah atas nama orangtua maka orangtua wajib mengetahui pinjaman tersebut.

Sertifikat rumah atas nama almarhum orangtua maka sertifikat rumah wajib proses sekalian balik nama ke seluruh nama ahli waris dan seluruh ahli waris wajib hadir bersama pasangan apabila sudah berkeluarga. Akan tetapi kendala kadang muncul apabila jumlah ahli waris yang terlalu banyak dan ada ahli waris yang di bawah umur.

2. Berapa Lama Prosesnya

Mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah biasanya memakan waktu proses 1 – 2 minggu sampai dengan pinjaman cair. Pengajuan pinjaman dapat saja lebih cepat prosesnya jika dokumen persyaratan pengajuan kredit sudah lengkap.

Proses awal pengajuan pinjaman jaminan sertifikat rumah biasanya akan dilakukan pengecekan SLIK OJK terlebih dahulu. Setelah pengecekan SLIK OJK selesai maka proses selanjutnya survei ke lokasi jaminan rumah dan usahakan data persyaratan dokumen sudah lengkap ketika proses survei.

Setelah proses survei dan pinjaman telah disetujui maka akan dilakukan pengecekan keabsahan sertifikat rumah di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Proses terakhir ialah akad kredit tanda tangan perjanjian dengan bank dan notaris serta pencairan dana pinjaman.

3. Jaminan Sertifikat

Jaminan Agunan yang dapat proses berupa sertifikat rumah yang sudah berbentuk Sertipikat Hak Milik (SHM) atau Sertipikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Sertifikat rumah dapat dengan mudah di proses di lembaga keuangan karena sertifikat sudah kuat dalam pemilikan tanah dan bangunan.

Jika jaminan surat rumah masih berbentuk Akta Jual Beli (AJB), Akta Hibah dan Girik maka di kami tidak dapat untuk bantu proses pengajuan pinjamannya. Untuk sekalian pengajuan peningkatan surat rumah dari Akta Jual Beli ke sertifikat rumah di kami juga tidak dapat untuk bantu prosesnya.

4. Lokasi Rumah

Dengan memiliki sertifikat rumah yang anda miliki ternyata belum tentu dapat mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan. Lembaga keuangan memiliki kriteria jaminan rumah yang harus anda penuhi harus memiliki lokasi jaminan yang strategis dan marketable.

Jaminan rumah menjadi salah satu penentu pinjaman kredit dapat berhasil atau tidak oleh sebab itu ada baiknya perhatikan beberapa hal sebelum membeli rumah untuk tempat tinggal. Salah membeli rumah akan dapat mempengaruhi harga jual kembali rumah pada kemudian hari.

Jaminan lokasi rumah yang tidak dapat proses ialah lokasi rumah yang berdekatan dengan pemakaman, Lokasi rumah yang berdekatan dengan SUTET, Lokasi rumah yang rawan bencana seperti banjir dan longsor.

 

Persyaratan Gadai Sertifikat Rumah :

  1. Fotocopy KTP Suami Istri
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Buku Nikah
  4. Slip Gaji + Surat Ket Karyawan/ID Card (Bagi Karyawan)
  5. SKU + Nota2 atau Akta Legalitas Perusahaan + SIUP + TDP (Bagi Wiraswasta)
  6. Rekening Koran/Rekening Tabungan
  7. Fotocopy PBB + IMB
  8. Fotocopy SHM/SHGB

 

Info Lebih Lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)