Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman Bank Jaminan Sertifikat Rumah

Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman Bank Jaminan Sertifikat Rumah

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman bank jaminan sertifikat rumah. Ada baiknya jika Anda  perhatikan beberapa syarat dan cara mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat di bank yang berlaku saat ini, hal ini penting, agar Anda tidak salah dalam mengajukan pinjaman kelak.

Syarat mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di bank

Yang pertama, sebaiknya Anda persiapkan untuk mengajukan pinjaman bank jaminan sertifikat rumah, yaitu syarat. Tentunya ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Karena pada dasarnya syarat umum yang diajukan untuk pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di bank kurang lebih sama. Adapun aneka syarat yang dimaksud, antara lain :

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi KK.
  3. NPWP / Nomor Pokok Wajib pajak.
  4. Fotokopi buku tabungan, pastinya buku tabungan dari bank yang akan memberi pinjaman.
  5. Pas foto pasangan suami atau juga istri, Hal ini berlaku untuk orang yang sudah menikah.
  6. Sertifikat SHM / Sertifikat hak Milik, atau bisa juga SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangun, dari rumah yang diagunkan.
  7. Formulir pengajuan pinjaman dari bank yang bersangkutan.
  8. Tidak mempunyai masalah dalam kredit.
  9. Mempunyai bisnis yang sudah berjalan selama minimal 1 tahun. Atau melampirkan slip gaji, untuk para pegawai, dan sebaiknya sudah bekerja selama minimal 1 tahun.
  10. Melampirkan izin usaha.

Cara mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di bank

Berikutnya adalah cara mengajukan pinjaman dengan gadai surat rumah, yaitu :

  1. Lengkapi dokumen persyaratan yang diajukan

Langkah pertama ketika mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di bank, yaitu melengkapi berbagai macam dokumen yang dibutuhkan, sebagai syarat pinjaman.

  1. Mendatangi kantor pusat / cabang dari bank yang dipilih

Setelah berbagai dokumen dirasa lengkap, berikutnya kunjungi bank secara langsung, baik ke kantor pusat atau kantor cabang. Tujuannya untuk mengajukan gadai jaminan sertifikat rumah di bank. Kali ini Anda akan menghubungi pihak Customer service.

  1. Mengisi formulir pengajuan

Pihak Customer service nantinya akan meminta Anda untuk mengisi formulir pengajuan agunan sertifikat rumah di bank. Isi formulir dengan benar, dan sesuai dengan jenis pinjaman yang akan diagunkan.

  1. Pengajuan pinjaman akan diproses

Berikutnya pihak bank akan mulai memproses pinjaman di bank dengan sertifikat rumah yang Anda ajukan. Tidak lupa akan ada proses verifikasi dari berbagai data yang telah diberikan sebelumnya, dengan melalui proses survey.

  1. Tunggu keputusan dari bank

Apabila Anda dianggap memenuhi syarat, maka pihak bank akan menyetujui kredit, dan kali ini tunggu keputusan dari pihak bank selama beberapa hari.

  1. Pinjaman disetujui

Setelah pinjaman disetujui, berikutnya Anda akan menandatangani kontrak perjanjian pinjaman kredit dengan pihak bank.

  1. Pinjaman dicairkan

Terakhir dana pinjaman akan langsung dicairkan ke rekening pihak peminjam, dalam hal ini Anda. Sedangkan sertifikat yang diagunkan, akan ditahan dan disimpan oleh pihak bank, hingga pelunasan pinjaman selesai.

Demikianlah beberapa syarat dan cara mengajukan pinjaman bank jaminan sertifikat rumah, yang perlu Anda ketahui. Selain bank, ada juga jasa keuangan lain yang dapat Anda digunakan untuk mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah, seperti di maugadai.com, dan yang lainnya.